top of page
  • Writer's picturesintiari

Exploring Banyuwangi - Pantai Pulau Merah yang eksotis


Kali ini, saya ingin bercerita tentang suatu pantai berpasir putih yang indah di pesisir selatan Banyuwangi. Yap, seperti yang sudah tertulis pada judul tulisan ini, saya ingin menceritakan tentang "Pantai Pulau Merah" atau "the Red Island Beach". Mungkin bagi sebagian orang, pantai ini masih sangat asing. Namun, Pantai Pulau Merah adalah salah satu objek wisata yang belakangan ini mulai menjadi perbincangan para wisatawan lokal maupun mancanegara karena keeksotisannya.


Pantai ini terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, kurang lebih sekitar 60km dari pusat Kota Banyuwangi, dan dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam dari pusat kota. Untuk mencapai kawasan ini dari pusat kota, kita hanya harus menuju arah selatan melalui jalan besar. Di sepanjang jalan telah terdapat banyak penunjuk jalan yang akan memandu kita sampai di tempat tujuan. Perjalanan panjang ke pantai ini tidak begitu terasa, sebab kita akan melewati banyak jalan desa yang berkelok-kelok, sehingga kita dapat menikmati perjalanan sambil menikmati suasana kehidupan Banyuwangi. Tiket masuk ke pantai ini juga murah meriah! Hanya Rp8.000,00/orang ditambah sewa parkit Rp2000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.


Pantai Pulau Merah dengan pasir putihnya

Pesona pantai ini salah satunya terletak pada keindahan pesisirnya yang berpasir putih. Ombaknya yang tinggi juga menjadi daya tarik para wisatawan yang gemar berselancar. Saat ombak tidak terlalu tinggi, pengunjung juga diizinkan untuk berenang. Bagi yang suka bermain voli pantai dapat juga bermain di sini. Atau sekedar untuk foto-foto, pantai ini menawarkan banyak spot yang instagram-able.


Oh ya, pantai ini dinamakan Pantai Pulau Merah, sebab di tengah-tengah lautnya terdapat sebuah bukit hijau kecil yang berselimut tanah merah. Bukit merah tersebut tidak terlalu jauh, dan dapat dikunjungi dengan menggunakan boat, bahkan dengan berjalan kaki ketika air laut surut.


Pulau bertanah merah di seberang pantai

Sedikit cerita mengenai asal-usul pantai ini, berdasarkan beberapa sumber yang saya baca. Sebelum terkenal dengan namanya yang sekarang, pantai ini dulunya dikenal dengan nama "Ringin Pintu". Kawasan pantai ini sendiri sebenarnya terletak di kawasan Alas Purwo, hutan yang dikenal angker oleh masyarakat. Oleh sebab itu, di masyarakat banyak pula beredar berbagai cerita mistis tentang Pulau Merah, seperti misalnya sering terlihatnya kilatan cahaya merah di pantai tersebut.


Memang di pantai ini juga terjadi fenomena unik, dimana warna pasirnya akan berubah menjadi warna merah pada sore hari. Hal ini dipengaruhi oleh pantulan air dan paparan cahaya senja ketika matahari sudah mulai tenggelam. Warna ini akan tampak lebih jelas pada saat musim kemarau.


Okay, cerita tentang Pantai Pulau Merah cukup sekian saja. Kawan-kawan sebaiknya berkunjung langsung kesana dan menikmati keindahannya sendiri. Dijamin tidak akan mengecewakan! Apalagi saat ini, kawasan ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah Banyuwangi untuk dapat dikembangkan dengan lebih baik.


sintiari

Preview post
bottom of page